Cara Mengoptimalkan Pendapatan Anda Dari Google AdSense | Cetar Blogspot

Wednesday, February 13, 2013

Cara Mengoptimalkan Pendapatan Anda Dari Google AdSense

di Wednesday, February 13, 2013
Setelah 2 tahun mengikuti bisnis online dengan bergabung menjadi penerbit Google AdSense, belum ada kontribusi yang signifikan dari Google AdSense terhadap penghasilan yang saya terima. Praktis selama kurun waktu 2 tahun tersebut, saya hanya mendapatkan kredit senilai $ 2 USD di akun AdSense, hal tersebut dikarenkan blog saya berbahasa Indonesia, sehingga hanya diizinkan menggunakan iklan mesin penelusuran.

Namun awal tahun 2013, saya dikejutkan ketika membuka akun saya di Google AdSense, ternyata saya diperbolehkan menggunakan iklan kontent. Saya kurang tahu alasannya kenapa bisa menggunakan iklan konten tersebut. Nah, dari situlah kredit akun saya di Google AdSense mulai meningkat secara signifikan. Dua minggu menggunakan iklan kontent Google AdSense, saya bisa mengahasilkan $ 4 USD. Kan lumayan daripada dalam kurun waktu 2 tahun, tapi hanya mendapat $ 2 USD.

Dari situlah, saya mulai berfikir bagaimana caranya untuk mengoptimalkan pendapatan dari Google AdSense dengan cepat, karena payout dari Google AdSense minimal $ 100 USD dalam akun Google AdSense. Kalau saya mempertahankan penghasilan $ 4 USD selama dua minggu, maka untuk mencapai saldo $ 100 USD butuh waktu satu tahun lebih. Oleh karena itu, saya terus berfikir dan rajin membaca berbagai artikel tentang cara mengoptimalkan pendapatan dari Google AdSense dengan cepat.

Setelah saya pelajari ternyata ada beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan pendapatan tersebut. Pertama, tentunya angka lalu lintas (traffic rate) blog anda harus tinggi, karena semakin banyak pengunjung setiap harinya, maka kemungkinan pengunjung mengklik iklan juga tinggi. Oleh karena itu, biasanya blog yang mempunyai traffic rate tinggi, penghasilan Google AdSense juga akan tinggi dan cepat mencapai minimum payout.

Kedua, kita harus memilih kata kunci posting blog dengan tepat yang dapat diakses dengan mudah oleh mesin penelusuran (search engine). Diusahakan memilih kata kunci yang mempunyai persaingan rendah yakni kurang dari 500 ribu halaman yang ditemukan oleh search engine. Misalnya anda menggunakan kata kunci “Download Game Gratis”, maka search engine akan menemukan 2 juta halaman lebih, sehingga blog kita sulit ditemukan oleh search engine karena persaingan terlalu ketat.

Ketiga, diusahakan memilih kata kunci yang mempunyai nilai iklan dengan harga tinggi, karena sistem yang ada dalam Google AdSense berlaku bagi hasil antara penerbit (kita) dan Google AdSense. Ketika nilai iklan per klik seharga $ 10 USD, maka 50% untuk Google dan 50% untuk kredit akun kita di Google AdSense, sehingga praktis kita akan memperoleh $ 5 USD dari satu iklan tersebut. Oleh karena itu, diusahakan kita bisa tepat menentukan kata kunci di blog kita supaya mempunyai nilai iklan tinggi.

Keempat, usahakan blog kita menggunakan bahasa Inggris baik kontent, menu, link, maupun widget komentar. Hal tersebut dikarenakan eksistensi bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, jadi tidak menutup kemungkinan bahwa blog kita bisa diakses oleh orang Eropa, Amerika, Afrika, Australia, dan lain sebagainya. Apabila kita hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, maka blog kita hanya bisa diakses oleh orang Indonesia saja. Oleh karena itu, hal itu perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan pendapatan kita di Google AdSense.

Kelima, letakkan iklan Google AdSense pada tempat yang strategis yang dapat dilihat dengan mudah oleh pengunjung blog kita. Dengan begitu, para pengunjung dapat mengklik iklan dengan valid tanpa ada rekayasa dari kita. Tempat yang strategis tersebut misalnya pada kepala blog (header), pada kanan-kiri blog, dan pada akhir setiap posting blog kita.

Demikian tips yang bisa saya jelaskan untuk anda sekalian, khususnya untuk para publisher Google AdSense di negeri ini jika ingin meningkatkan dan mengoptimalkan pendapatannya dari Google AdSense. Hal ini sangat penting untuk diketahui mengingat masih banyak para publisher yang masih mengalami kesulitan dalam mengoptimalkan pendapatannya dari Google AdSense.
Related Post

2 komentar:

Anonymous said...

oh ya gan, sistem GA kalo ada yang ngelik ya baru dapat uang.. atau ada metode lain..

Tq said...

Iya betul sekali itu mas. Google AdSense merupakan sistem Pay Per Click (PPC) dimana setiap iklan yang dipasang di blog, kemudian di klik oleh pengunjung maka publisher akan memperoleh bayaran. Tidak sistem yang lain mas di Google AdSense kecuali hanya itu sistem PPC. Thanks ya sudah mampir :)

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Cetar Blogspot | Design by Kenga Ads-template