Link Exchange dan Award: Sebuah Fenomena Unik di Dunia Blogging | Cetar Blogspot

Wednesday, May 22, 2013

Link Exchange dan Award: Sebuah Fenomena Unik di Dunia Blogging

di Wednesday, May 22, 2013
Selama kurang lebih 4 tahun aktif di dunia blogging, saya banyak menjumpai fenomena unik yang sebelumnya belum pernah saya temui, yakni Link Exchange dan Award. Kenapa saya bilang unik? iya karena saya merasa aneh saja dan penasaran ingin mengetahui apa sebenarnya maksud dan tujuan dari kedua fenomena tersebut?. Dari berbagai referensi yang sudah saya pelajari, sedikit-banyak saya dapat menemui benang merah dari kedua istilah tersebut. Namun demikian, sejauh ini saya belum berminat untuk ikut-ikutan melakukan hal seperti itu. Entah kenapa hati kecil saya memilih tidak, dan saya lebih suka blogging secara alami. Tentunya apa yang saya tulis di blog saya dapat bermanfaat untuk para visitor. Hal itulah yang saya rasa penting, karena tulisan kita bisa bermanfaat untuk orang lain.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan tentang apa itu Link Exchange dan dampaknya? serta apa itu Award dan dampaknya? tentunya saya urai penjelasan tersebut berdasarkan opini saya dan beberapa referensi yang sudah saya sintesiskan. Berikut merupakan penjelasannya.
Link Exchange
Link Exchange adalah tukar-menukar link antar sesama blogger. Biasanya link dipasang di halaman khusus untuk link-link teman baik itu berupa link tulisan atau pun link banner. Fungsi dari link exchange adalah dapat meningkatkan page rank atau rangking halaman di mesin pencari. Dengan adanya link exchange bisa menimbulkan back link. Selain itu, link exchange dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama blogger.

Adapun dampak negatifnya adalah link exchange yang berlebihan akan dianggap spam oleh mesin pencari. Selain itu, penempatan link exchange yang kurang tepat tidak ada artinya bagi kemajuan blog. Selain itu, tidak ada visitor yang mau membaca halaman yang berupa link-link tanpa adanya informasi penting yang mereka cari. Dari situlah mengapa saya kurang begitu tertarik untuk melakukan tukar-menukar link kepada sesama blogger. Saya lebih memilih aktif menulis artikel secara alami dan menyuguhkan informasi yang penting untuk para visitor.

Award
Fenoma unik yang lain adalah Award. Award dalam arti luas merupakan sebuah penghargaan atau apresiasi yang diberikan oleh seseorang untuk orang lain yang dianggap pantas menerima penghargaan. Award dalam dunia blogging biasanya diberikan oleh administrator blog kepada visitor yang aktif mengunjungi blog mereka, atau mungkin dengan kriteria lain. Biasanya Award tersebut berantai dan terus-menerus diberikan kepada blog-blog orang lain. Tentunya juga menanamkan link aktif pada halaman posting Award tersebut.

Fungsi dari Award ini selain untuk menjalin persahabatan, juga dapat menanamkan back link pada blog kita. Karena setiap posting Award harus disertakan link sumbernya dan link untuk penerima Award selanjutnya. Namun, ternyata ada sisi negatifnya juga, yakni terkadang suatu Award yang diberikan sering memberikan tugas yang harus dikerjakan. Ini yang menurut saya sangat membebani bagi penerima Award.

Dampak buruk lain adalah siapa sich visitor yang mau membaca artikel tentang Award? tentu mereka enggan untuk membaca artikel yang tidak mereka cari dan tidak penting tersebut. Selain itu, visitor lain yang aktif mengunjungi blog mereka tetapi tidak menerima Award, akan merasa cemburu karena tidak menerima Award. Dan masih banyak lagi.

Demikian opini tentang Link Exchange dan Award yang saya anggap sebagai fenomena unik di dunia blogging. Apabila terdapat kekeliruan baik dalam hal tulisan maupun substansi, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Related Post

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Cetar Blogspot | Design by Kenga Ads-template