Tips Menulis Artikel Yang Baik Di Blog | Cetar Blogspot

Friday, April 26, 2013

Tips Menulis Artikel Yang Baik Di Blog

di Friday, April 26, 2013
Memang sejauh ini tidak ada aturan yang baku dalam menulis artikel di blog. Menulis artikel di blog dengan bahasa sendiri meskipun "belepotan" itu tidak jadi masalah. Itu malah lebih baik dibandingkan dengan tulisan hasil copy-paste blog orang lain. Beda halnya jika kita menulis artikel di koran, makalah, skripsi dan lain sebagainya, kita harus mematuhi aturan tata tulis.

Media blogging memang media yang paling efektif untuk melatih kita menulis. Menulis apa saja yang kita sukai tanpa ada rasa tekanan dari pihak manapun. Kita bebas mencurahkan pikiran kita untuk menulis di blog. Oleh karena itu, kita perlu berterimakasih kepada Google yang sudah memberikan fasilitas Blogger secara gratis ini untuk kita semua.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi tentang bagaimana caranya menulis artikel yang baik di blog, agar pengunjung blog kita betah berlama-lama berkunjung di blog kita. Mungkin ini hanya tips sederhana saja karena saya pun masih belajar tentang tata tulis yang baik dan benar.

Pertama, tulisan kita hendaknya mudah difahami oleh siapapun. Sebaiknya kita hindari penggunaan kata yang sulit dimengerti, misalnya istilah-istilah intelek. Hal itu disebabkan tidak semua pengunjung bisa faham dengan istilah-istilah tersebut. Tentunya, pengunjung lebih senang membaca artikel yang mudah mereka fahami.

Kedua, kemas judul dan isi artikel yang menarik minat baca pengunjung. Ini membutuhkan skill tersendiri. Selain kita harus mengemas judul yang menarik, kita juga harus menentukan kata kunci apa yang akan digunakan. Karena hal ini berkaitan dengan optimasi mesin pencari (SEO).

Ketiga, kemas artikel kita secara informatif. Seolah-olah dalam artikel kita, itu mengajak berdialog dan interaksi dengan pengunjung blog kita. Mungkin kita bisa memanfaatkan kata sapaan untuk pengunjung, misalnya "sobat", "anda", "agan", dan lain sebagainya. Hindari kata sapaan "kalian", karena sapaan tersebut terkesan merendahkan martabat pengunjung. Karena kita tidak tahu apakah pengunjung blog kita itu muda, tua, atau anak-anak.

Kelima, usahakan artikel kita tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Dan usahakan antar paragraf kita beri spasi, dengan tujuan agar enak dibaca dan mudah difahami.

Keenam, usahakan artikel kita tidak bertele-tele, namun sebaiknya langsung mengenai substansi. Mungkin artikel yang pendek itu lebih baik dari pada artikel yang terlalu panjang namun hanya omong kosong belaka.

Ketujuh, mungkin kita bisa memberikan link internal disetiap akhir artikel. Dengan begitu, pengunjung akan terus membaca dan mempelajari setiap artikel kita, dan pada akhirnya mereka berlama-lama singgah di blog kita.

Demikian cara menulis artikel blog dengan baik dan benar. Mudah-mudahan artikel sederhana ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Related Post

2 komentar:

Anonymous said...

Terima kasih. Saya sedikit banyak mulai mengerti. Kata aktual kadang bikin bingung. Missalnya dalam dunia blogging, seperti kata black link dan teman-temannya. Saya jadi berhenti membaca karena harus membuka kamus bahasa. Sedikit menghambat. Maklum, semua ini hal baru buat saya. ( dalam hati, lebih mudah memasak didapur. sambil merengut )
Berikan saya contoh kerangka artikel yang benar..
Terima kasih.

Tq said...

Iya sama-sama buk, istilah blogging memang sulit untuk dimengerti bagi blogger pemula. Oleh karena itu, silahkan anda cari referensi sebanyak-banyak tentang istilah tersebut.

Untuk contoh kerangka artikel, saya belum bisa memberikan contoh. Karena kolom komentar terbatas :D

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Cetar Blogspot | Design by Kenga Ads-template