Cara Mendapatkan Backlink Berkuaitas | Cetar Blogspot

Monday, June 17, 2013

Cara Mendapatkan Backlink Berkuaitas

di Monday, June 17, 2013
Salah satu cara untuk meningkatkan page rank (rangking halaman) blog adalah dengan cara membangun backlink sebanyak-banyaknya. Tentu dalam membangun backlink tidak boleh asal-asalan. Perlu adanya strategi dan cara yang tepat dalam hal implementasinya. Kenapa backlink itu penting bagi sebuah blog? tentu, karena dengan adanya backlink, besar kemungkinan blog kita mudah terindeks oleh mesin pencari (search engine). Karena kebanyakan visitor blog itu berasal dari search engine. Bisa dikatakan fungsi backlink adalah sebagai cara yang tepat untuk optimasi mesin pencari (SEO). Dengan begitu, bukan tidak mungkin bahwa akan dapat memperbesar jumlah visitor yang berkunjung di blog kita.

Bagi blogger pemula, tentu belum banyak tahu tentang kegunaan sebuah backlink, lebih-lebih cara mendapatkannya. Umumnya mereka dalam berkomentar di blog orang lain itu sering kurang tepat, itu nampak sekali dari isi komentar mereka yakni selalu meninggalkan signature yang berupa url blog. Tentu hal itu tidak sepenuhnya dibenarkan, karena selain terkesan promosi blog, juga tidak berpengaruh sama sekali terhadap backlink, apalagi SEO.
Cara Mendapatkan Backlink Gratis
Image by Susu Baru
Dengan alasan itulah mengapa saya menjadi tergugah untuk menjelaskan tentang tata cara mendapatkan backlink dengan baik dan benar. Tentu backlink yang akan kita peroleh nantinya berkualitas. Berikut point-point penting yang harus anda lakukan untuk memperoleh backlink dengan mudah.

Berkomentar di Blog Dofollow
Blog/web pada prinsipnya terdiri dari dofollow dan nofollow. Belum tahu apa itu blog dofollow dan nofollow? Berikut saya jelaskan dengan menggunakan kalimat yang sederhana.

Dofollow adalah istilah untuk web/blog yang apabila kita memberikan komentar ke blog tersebut, berarti kita sudah meletakkan link pada blog tersebut dan link tersebut dihitung sebagai backlink oleh google. Nofollow adalah istilah untuk web/blog yang apabila kita memberikan komentar ke blog tersebut, berarti kita tidak meletakkan link ke blog tersebut dan link tersebut tidak dihitung sebagai backlink oleh google. Akan tetapi orang lain tetap bisa berkunjung melalui link yang kita pasang melalui komentar.

Status blog bisa berubah-ubah sesuai dengan minat si pemilik blog, yakni bisa dofollow ataupun nofollow. Apabila blog tersebut dofollow, biasanya pada blog tersebut terdapat tulisan dofollow. Silahkan anda cari di Google tentang blog dofollow.

Sekarang kembali ke pembahasan selanjutnya. Yakni tentang tata cara berkomentar di blog dofollow. Pastikan apabila anda ingin berkomentar di blog dofollow harus memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut: (i) Jangan berkomentar spam. Komentar spam adalah komentar yang isi komentarnya berupa link aktif. Apabila anda berkomentar spam, bisa dipastikan komentar anda akan dihapus oleh admin blog. (ii) Usahakan dalam berkomentar harus sopan dan sesuai dengan topik artikel yang dibahas. (iii) Usahakan dalam berkomentar menggunakan Name/Url apabila disediakan. (iv) Usahakan blog dofollow yang akan diberi komentar, itu harus mempunyai niche (judul blog) yang sama dengan blog anda. Sehingga backlink bisa satu arah.

Mencari Backlink dari Forum Dofollow
Di Indonesia ada salah satu situs yang sudah sangat terkenal dan situs itu merupakan media sosial (forum) yang dimanfaatkan untuk berbagi informasi antar sesama warga Indonesia. Adalah kompasiana yang merupakan situs forum dofollow. Anda dapat memanfaatkan situs tersebut untuk mendapatkan backlink secara gratis dan berkualitas. Caranya adalah dengan bergabung dengan situs tersebut, dan rajin-rajin dalam memposting artikel dan berkomentar pada artikel orang lain. Jangan lupa, selalu sertakan link aktif pada setiap postingan dan komentar yang mengarah ke blog anda.

Submit Artikel ke Situs Sosial Bookmark Dofollow
Apakah anda pernah menjumpai situs Laptopgue.com, Lintas.me, Infogue.com dan masih banyak lagi? Kalau pernah, itu merupakan situs sosial bookmark dofollow. Situs tersebut isinya adalah kumpulan artikel blog orang lain yang sudah di submit ke situs tersebut. Bagaimana cara mendapatkan backlink dari situs tersebut? caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar pada situs tersebut dan setelah itu, selalu submit artikel terbaru anda pada situs tersebut.

Pemanfaatan Jejaring Sosial
Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google Plus mempunyai peran yang cukup penting untuk mendapatkan backlink secara mudah. Yang perlu anda lakukan adalah share postingan anda pada media sosial tersebut. Tentu dalam membagikan artikel anda tidak boleh sembrono. Namun, harus tepat dan akurat, dalam artian bagikan artikel anda pada orang yang tepat.

Demikian penjelasan dari saya tentang cara mendapatkan backlink berkualitas. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Salam blogger!!!
Related Post

2 komentar:

Anonymous said...

dofollow nofollow ?
mas, ini komen saya yg ke 4. gak dimuat komentar saya. kesal rasanya! semoga yg ini sukaes.

Tq said...

Istilah dofollow dan nofollow sudah saya jelaskan di dalam artikel tersebut dengan kalimat yang sederhana, silahkan diresapi dan dipahami sendiri.

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Cetar Blogspot | Design by Kenga Ads-template