Manfaat Domain Dot Com | Cetar Blogspot

Friday, June 14, 2013

Manfaat Domain Dot Com

di Friday, June 14, 2013
Domain adalah nama alamat website yang apabila diakses melalui koneksi internet maka akan menuju pada laman tertentu. Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan alamat web, karena memang sudah sejak lama sudah berkembang cukup pesat di negeri ini. Hal itu disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Ketika kita sedang berselancar di dunia maya, kita pasti sering memanfaatkan mesin pencari. Misalnya seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain sebagainya. Kebanyakan hasil pencarian oleh mesin penelusuran tersebut mengarah ke situs-situs yang mempunyai domain TLD. What is TLD? TLD adalah singkatan dari Top Level Domain atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai domain tingkat tinggi.

Ada banyak jenis TLD yang bisa digunakan sebagai alamat website misalnya seperti dot com, dot net, dot me, dan lain sebaginya. Namun, semua itu kebanyakan berbayar. Kita bisa menyewa domain TLD pada toko webhosting yang ada, dengan harga yang relatif terjangkau oleh kantong kita. Kenapa memilih TLD sebagai alamat website? tentu banyak manfaatnya dibandingkan dengan domain yang gratisan seperti blogspot dot com, wodpress dot com, dan lain sebagainya.
Manfaat Domain Dot Com
Image by Diwordpress
Dalam kesempatan kali ini, penulis ingin menjelaskan tentang beberapa manfaat dari penggunaan domain dot com. Tujuannya adalah supaya anda tahu dan mengerti sebelum anda memutuskan untuk menggunakan domain dot com sebagai alamat situs anda. Berikut merupakan penjelasannya.

Mudah terindeks oleh mesin pencari (SEO)
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa penggunaan domain dot com mampu bersaing dengan situs lain. Pasalnya, domain dot com mudah terindeks oleh mesin pencari. Biasanya muncul pada halaman pertama hasil penelusuran Google, Yahoo, dan Bing.

Oleh karena itu, penggunaan domain dot com berpengaruh terhadap jumlah visitor blog. Semakin mudah terindeks oleh mesin pencari, semakin banyak visitor yang akan berkunjung di blog kita. Tentu hal itu sangat kita harapkan bukan? karena seorang webmaster akan merasa senang dan bangga apabila blognya ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Lebih bonafide
Point ini jelas bahwa penggunaan domain berbayar lebih dapat dipercaya mengenai konten yang disajikan dalam blognya dibandingkan dengan situs yang menggunakan domain gratisan. Lebih-lebih apabila situs tersebut mempunyai konten tentang pendidikan, kesehatan, berita atau yang lainnya, tentu orang lebih memilih situs yang berdomain dot com untuk digunakan sebagai bahan referensi ataupun pustaka.

Terlihat profesional
Orang akan merasa percaya dengan situs yang berdomain berbayar, karena situs tersebut terlihat profesional. Selain itu, apabila konten artikel pada situs tersebut dijadikan sebagai rujukan, itu bisa diandalkan keabsahannya. Tentu, pengelola situs yang berdomain dot com lebih profesional dalam menyajikan artikel. Mereka tahu betul tentang animo pengunjung situs mereka, sehingga administrator blog selalu menyajikan konten-konten yang berguna dan bernilai tinggi untuk visitornya.

Situs benar-benar dikelola dengan baik
Point ini juga sedah jelas. Situs yang berdomain berbayar tentu akan dikelola dengan baik oleh admin. Karena mereka sudah rela mengeluarkan uang untuk membeli/menyewa domain untuk situs kesayangan mereka. Bisa dipastikan situs yang berdomain berbayar, akan didesain sebaik mungkin dan akan menyajikan artikel secara teratur dan sebaik mungkin. Hal tersebut dikarenakan mereka (pengelola blog) umumnya mempunyai rasa memiliki yang tinggi atas blog mereka.

Beda halnya jika kita menggunakan domain yang gratisan. Kita mungkin seenaknya sendiri dalam mengelolanya. Karena alasan gratis tersebut, sehingga rasa memiliki akan sebuah blog tidak begitu tinggi.

Mudah diingat oleh orang
Umumnya domain dot com atau TLD lainnya itu mudah diingat oleh orang, karena mempunyai url yang relatif pendek. Coba anda bandingkan antara domain berikut ini yakni www.cetarz.blogspot.com dengan www.cetarz.com. Tentu domain yang TLD lebih mudah kita ingat bukan? mengingat mempunyai url yang pendek.

Demikian penjelasan dari saya tentang beberapa manfaat dan keuntungan menggunakan domain dot com. Mudah-mudahan dapat memberikan wawasan baru untuk anda tentang eksistensi sebuah domain. Atas perhatiannya disampaikan ucapan terimakasih.
Related Post

4 komentar:

Anonymous said...

Maksud tulisan ini bahwa yang blogspot itu belum berbayar ? dan yang dot com berdomain atau berbayar ?

Tq said...

Domain blogspot itu gratis dari Blogger. sedangkan domain dot com itu berbayar, dalam artian itu domain premium. Untuk membeli domain dot com itu bisa beli di toko webhosting yang ada di internet :)

Anonymous said...

Baik. Saya lebih paham.
Terima Kasih.

Tq said...

sama-sama :)

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Cetar Blogspot | Design by Kenga Ads-template