Blogging Adalah Seni | Cetar Blogspot

Friday, May 10, 2013

Blogging Adalah Seni

di Friday, May 10, 2013
Seperti yang kita tahu bahwa dalam mengelola blog itu tidak boleh asal-asalan. Mungkin tulisan yang kita sajikan dalam blog itu juga penting, namun desain blog ternyata juga jauh lebih penting. Kita diharapkan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam mendesain blog. Memang ukuran baik tidaknya desain blog itu bukan dari kita sendiri, melainkan dari para tamu blog kita, yakni visitor. Terkadang tanpa kita sengaja dalam mendesain blog kita, justru kurang menarik perhatian para visitor kita. Paling-tidak dengan desain yang baik, dapat memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung di blog kita.

Tidak semua orang dapat mengelola blog dengan baik. Blog seperti Blogger dan WordPress yang eksistensinya gratis, justru kadang terbengkelai dimakan oleh waktu, karena admin blog sibuk dengan dunia offline-nya. Kadang ada blog yang sangat sederhana baik dari segi desain blog maupun konten yang pas-pasan, justru malah mempunyai pengunjung yang berjibun.

Desain blog tentunya disesuaikan dengan kapasitas kita. Jangan dipaksakan harus seperti blog orang lain, karena rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau. Sebenarnya blog kita sendirilah yang lebih baik, karena merupakan hasil karya kita sendiri. Tentunya harus kita imbangi dengan konten blog yang berkualitas, dalam artian kita mampu menyuguhkan informasi yang menarik (bukan hasil copy-paste) dan selalu update artikel secara terus-menerus.

Dalam mendesain blog, kita harus bisa mendesainnya secara teratur dan rapi. Atur navigasi menu blog dengan baik, sehingga visitor tidak kebingungan saat berkunjung di blog kita. Atur warna template dan tulisan blog dengan rapi. Tentu dalam mendesain blog tidak hanya cukup satu atau dua jam saja, mungkin bisa juga berhari-haru bahkan berminggu-minggu. Namun, itu tidak menjadi masalah, karena sebenarnya disitulah seninya.

Blog yang merupakan media sosial namun dikelola oleh personal, terkadang bisa dimanfaatkan untuk menulis catatan-catatan harian kita atau yang biasa disebut mencurahkan hati kita di blog. Itu menurut saya sah-sah saja dan tidak menjadi masalah, namun alangkah baiknya kita menyajikan tulisan yang informatif dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Mungkin kita bisa menyajikan informasi tentang tutorial blog, pendidikan, artikel, game, software, dan masih banyak lagi. Karena dengan begitu konten blog kita bisa dimanfaatkan dan berguna untuk orang lain.
Related Post

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Cetar Blogspot | Design by Kenga Ads-template