Kiat-kiat Sebelum Menulis Artikel | Cetar Blogspot

Tuesday, July 16, 2013

Kiat-kiat Sebelum Menulis Artikel

di Tuesday, July 16, 2013
Apakah anda mempunyai masalah dalam menulis? apabila jawabannya ia, berarti sama dengan saya ketika waktu dulu, yakni saya mengalami kesulitan untuk menulis. Untuk menulis satu artikel saja rasanya sulit sekali. Namun, sekarang kondisinya berbeda. Kini saya bisa dengan mudah menulis sebuah artikel dalam satu hari. Bahkan tidak hanya 1 buah artikel saja, melainkan bisa 2, 3 sampai 10 buah artikel dalam satu hari bisa saya selesaikan. Ingin tahu rahasianya? yuk mari kita pelajari bersama-sama.

Memang skill menulis itu butuh adanya suatu latihan, dan butuh proses yang cukup lama. Kita mungkin bisa mudah membuat artikel. Tapi apakah artikel kita sudah baik? tentu saja belum. Artikel yang baik adalah artikel yang berkualitas, yakni original hasil karya kita sendiri. Artikel tersebut mudah dibaca dan mudah dipahami oleh orang lain.
Kiat-kiat Sebelum Menulis Artikel
Image by Liputan6.com
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Kiat-kiat Sebelum Menulis Artikel. Tips ini berdasarkan pengalaman saya selama mengelola blog dan menulis artikel di beberapa surat kabar. Berikut adalah penjelasannya.

(i) Perbanyak membaca
Membaca dan menulis ibarat dua komponen yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Orang yang suka dan gemar membaca bisa dipastikan ia juga rajin menulis, begitu juga sebaliknya. Apa manfaat dari membaca? tentu dari aktivitas membaca, anda akan memperoleh banyak pengetahuan dan memperoleh kosa kata baru yang tersimpan dalam memori anda.

Dari situlah untuk menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan, itu bisa dilakukan dengan mudah dengan berbekal pengetahuan dan kosa kata yang anda miliki. Beda hal nya apabila anda tidak rajin membaca, pasti anda akan kesulitan untuk menulis. Tentu saja, selain anda sering membaca, anda juga harus mengimbanginya dengan sering berlatih menulis.

(ii) Tingkatkan pengetahuan dan pengalaman
Tulisan yang anda buat biasanya berdasarkan atas pengetahuan dan pengalaman yang anda miliki. Oleh karena itu mengapa orang yang rajin menulis, bisa dipastikan ia mempunyai pengetahuan yang tinggi dan juga punya segudang pengalaman.

Pengetahuan dan pengalaman bisa anda peroleh dengan menyerap berbagai informasi dari apa yang anda lihat, dari apa yang anda baca, dari apa yang anda alami, dan bisa juga dari pengalaman orang lain. Dari situlah anda bisa menulis apa yang ada didalam benak anda kedalam sebuah artikel. Oleh karena itu, silahkan perbanyak pengetahuan anda dan juga pengalaman anda.

(iii) Sering latihan menulis
Percuma anda sering membaca dan punya banyak pengetahuan serta banyak pengalaman tanpa adanya latihan untuk menulis. Menulis itu butuh latihan. Kita mungkin bisa menulis, tapi apakah hasilnya sudah bagus? tentu saja belum. Oleh karena itu, silahkan perbanyak latihan menulis.

Anda bisa berlatih menulis di buku anda atau bisa juga latihan menulis di blog. Saya kira latihan menulis di blog lebih efektif, karena nantinya tulisan anda akan dibaca oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia. Dan bukan tidak mungkin bahwa tulisan anda juga akan dikomentari oleh para pembaca. Dari situlah anda bisa tahu seberapa bagus tulisan anda dari komentar ataupun saran yang dilontarkan oleh para pembaca artikel anda.

(iv) Minta koreksi teman
Cara yang menurut saya paling efektif adalah mintalah koreksi teman anda tentang tulisan anda. Dari situ anda bisa tahu mana yang salah dan mana yang benar. Karena tulisan yang menurut kita bagus, itu belum tentu bagus menurut pendapat orang lain.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Kiat-kiat Sebelum Menulis Artikel. Mudah-mudah tips dari saya ini bisa bermanfaat untuk anda. Thanks atas perhatiannya.
Related Post

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Cetar Blogspot | Design by Kenga Ads-template