Bisnis Online | Cetar Blogspot

Monday, January 21, 2013

Bisnis Online

di Monday, January 21, 2013
Bagi anda yang belum begitu faham mengenai Bisnis Online, pasti anda bertanya-tanya?. Hal itu sangat wajar, saya juga dulu merasakan seperti itu, apa benar sich ada Bisnis Online?.

Saya dulu waktu kuliah S.1 tidak begitu familiar menggunakan internet karena saya pikir hal itu membuang-buang waktu saya, sehingga saya kurang maksimal dalam belajar di kampus. Namun ketika saya semester sembilan, saat itu saya ikut kuliah Geomorfologi Umum yang di ajar oleh Pak Sholeh, saya mendapat pencerahan mengenai bisnis online yang pada umumnya ilmu itu tidak diajarkan di kampus.

Beliau pada waktu itu tidak mengajar mengenai kuliah tersebut, akan tetapi beliau mengajak temannya – yang juga kakak kelas saya – kemudian mereka mengajarkan mengenai Bisnis Online. Lebih tepatnya mereka berdua memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk memanfaatkan Internet untuk mendapatkan income.

Mereka bercerita panjang lebar mengenai kesuksesannya dalam berbisnis online dengan bekerja sebagai Google Adsense Publisher. Mereka bercerita ketika membuat blog atau web, kemudian mendaftar Google Adsense, kemudian mendapat surat dari Google, kemudian sampai dengan income yang mereka peroleh setiap bulannya.

Dia bercerita bahwa dia mendapatkan income sekitar $ 200 USD atau sekitar 2 juta perbulan. Bayangkan, mereka masih kuliah tapi sudah bisa menghasilkan income sebesar itu?. Hal itu yang membuat saya menjadi termotivasi dan penasaran untuk belajar Bisnis Online.

Mereka juga memberikan penjelasan mengenai cara kerja Bisnis Online, yakni kita harus membuat Blog atau Web dulu, kemudian memasangkan iklan pada blog kita. Mereka juga memberikan alamat web yang bisa di daftar sebagai penerbit iklan dan partner kita seperti Google Adsense, Adbrite, dan Bidvertiser (yang dari luar negeri), kemudian yang dari dalam negeri seperti Adsense Camp, Kumpul Blogger, Klik Saya, dan lain-lain.

Sesampainya saya di kost, saya mencoba untuk membuat Blog dengan kontent sederhana yang menyajikan berbagai fasilitas yang dapat di download secara gratis. Kemudian saya belajar secara autodidak dengan mencari informasi mengenai cara kerja Bisnis Online di Internet.

Pada waktu itu tepatnya akhir tahun 2010, saya sedang mengerjakan tugas akhir kuliah yakni membuat skripsi. Karena waktu yang dimiliki saya cukup banyak, sehingga saya lebih belajar serius mengenai BisnisOnline. Walaupun pembuatan skripsi agak tersendat karena dosen pembimbing saya agak sulit tapi itu tidak menjadi masalah buat saya untuk belajar BisnisOnline secara komprehensif.

Sedikit demi sedikit saya membuat blog kemudian saya mencoba mendaftar ke berbagai penerbit iklan seperti Adsense Camp, Kumpul Blogger, dan Klik Saya. Adsense Camp dan Kumpul Blogger sangat mudah di ajak kerja sama. Saya sekali mendaftar ke web tersebut langsung diterima. Namun, Klik Saya sangat sulit diajak kerjasama apabila blog kita menpunyai pengunjung yang sedikit, karena syarat nya blog kita harus lebih dari 10.000 pengunjung setiap bulan.

Walaupun hanya diterima dua penerbit saja saya tidak berkecil hati dengan hal demikian. Saya mencoba daftar lagi ke penerbit lain seprti Google Adsense, Adbrite, dan Bidvertiser. Adbrite dan Bidvertiser dengan mudah menerima saya sebagai penerbit, akan tetapi Google Adsense sangat sulit untuk menerima saya karena syaratnya cukup kompleks.

Saya berulang kali daftar di Google Adsense dan di tolak berulang kali juga, namun pada awal tahun 2011, saya bisa di terima oleh Google Adsense. Namun, karena blog saya menggunakan bahasa indonesia, saya hanya diberi kode iklan berupa mesin penelusuran saja. Hal tersebut bagi saya tidak masalah, yang penting saya bisa bergabung dengan Google Adsense yang merupakan penrbit nomor satu di dunia.

Setelah itu, ketika saya punya waktu luang saya memposting ke blog saya mengenai informasi-informasi yang dibutuhkan oleh banyak pelajar seperti Artikel, Makalah, Proposal, Skripsi, dan lain-lain. Namun, pengunjung blog saya pada waktu itu masih sedikit. Sehingga saya belum bisa mendapatkan income yang optimal dari penerbit iklan saya.

Namun, berjalannya tahun hingga saat ini 2013. Blog saya sudah laris dan banyak pengunjungnya. Sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap income yang saya peroleh dari penerbit iklan. Terbukti income yang saya terima perhari sekitar $ 0.5 USD dari Google Adsense. Kalau satu bulan berarti $ 10 USD atau sekitar RP 100.000,-. Itu merupakan income yang saya peroleh dari Google Adsense, belum lagi dari penerbit iklan yang lain.

Saya saat ini mempunyai 11 blog, namun yang masih saya kelola hanya 5 saja. Karena saya sudah pusing untuk memposting setiap harinya di blog saya yang jumlahnya banyak tersebut. Blog saya antara lain Sahabat Geografi, Good Technology, Software Gratis, Musik News, Blogger Template, dan Make Money Online. Kalau anda penasaran, silahkan kunjungi blog saya untuk mengetahui kontent apa saja yang dimuat di blog tersebut dan iklan apa saja yang saya tampilkan.

Akhir kata, saya hanya bisa memotivasi anda sekalian, karena keinginan untuk berbisnis online itu tergantung anda. Jika anda berminat ya silahkan di coba dan belajar mandiri dengan membaca artikel tentang Bisnis Online di Internet. Semoga berhasil.

Related Post

3 komentar:

Blogger said...

Are you trying to make money from your websites/blogs by popunder ads?
In case you do, did you ever use Clickadu?

Blogger said...

Come and see how 1,000's of people like YOU are making a LIVING by staying home and are fulfilling their wildest dreams TODAY.
GET FREE ACCESS TODAY

Blogger said...

If you're looking for a good contextual advertising network, I suggest that you check out PropellerAds.

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Cetar Blogspot | Design by Kenga Ads-template