Cara Mendesain Blog dengan Baik dan Benar | Cetar Blogspot

Rabu, 29 Mei 2013

Cara Mendesain Blog dengan Baik dan Benar

Diposkan oleh Taqorrub Ubaidillah di Rabu, Mei 29, 2013
Desain dan tampilan blog merupakan salah satu aspek penting yang musti kita perhatikan, selain konten blog. Pasalnya, hal tersebut mempunyai pengaruh terhadap visitor kita. Apabila performa blog terlihat menarik tentu akan menarik minat visitor untuk mengunjungi blog kita, dan bahkan bisa jadi suatu saat nanti mereka bisa kembali menengok blog kita lagi. Tampilan blog sangat berkaitan erat dengan isi hati sipemilik blog, karena blogging adalah seni. Dalam mengelola blog, kita diharapkan mempunyai skill menulis yang tinggi dan kita juga harus mempunyai rasa estetika yang tinggi dalam menyajikan dan mengatur performa blog.

Namun demikian bukan berarti kita bisa seenaknya sendiri dalam mendesain blog. Kita juga perlu memperhatikan visitor kita, apakah mereka suka atau tidak dengan tampilan blog yang kita sajikan?. Untuk itu, silahkan anda pelajari lebih lanjut tentang hal apa saja yang tidak disukai oleh visitor blog. Karena blog kita nantinya akan dikunjungi banyak orang, sehingga kita perlu memperhatikan visitor kita.
Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana caranya mendesain blog dengan baik dan benar. Tujuannya adalah agar blog kita disukai oleh visitor kita. Berikut merupakan poin-poin penting yang harus kita perhatikan dalam mendesain blog.

Perhatikan Aspek Estetika
Blogging memang membutuhkan kreativitas yang tinggi baik dalam menulis konten blog ataupun dalam mendesain blog. Estetika memang bersifat relatif. Setiap orang mempunyai gaya estetika sendiri-sendiri dalam mendesain blog. Terkadang desain blog yang mempunyai performa biasa-biasa saja, malah justru menarik menurut pandangan visitor. Terkadang desain blog yang sudah kita atur sedemikian rupa dan kita buat semenarik mungkin, justru malah kadang tidak menarik bagi visitor.

Memang penilaian setiap orang berbeda-beda. Namun, bukan berarti kita seenaknya sendiri dalam mendesain tampilan blog. Kita perlu juga memperhatikan minat visitor. Karena mungkin apa yang kita sajikan belum tentu baik menurut pandangan visitor. Oleh karena itu, kita harus mempunyai kreativitas yang tinggi dan juga harus peka terhadap apa saja yang menjadi aspirasi visitor kita.

Tidak Terlalu Ramai
Tampilan blog yang terlalu ramai juga tidak sedap dipandang oleh mata. Hal tersebut mungkin malah terlihat berantakan, karena terlalu banyak widget-widget yang dipasang di blog. Dan dampak yang paling parah lagi adalah bisa jadi tampilan blog yang terlalu ramai dapat menyebabkan loading blog menjadi berat. Tentu hal itu tidak disukai oleh visitor kita.

Selain itu, tampilan blog yang terlalu ramai dapat mengganggu konsentrasi visitor ketika membaca artikel yang kita sajikan di blog. Misalnya seperti efek animasi berkedip, widget melayang-layang yang menutupi konten, burung terbang, dan lain sebagainya perlu kita hindari pemasangannya karena dapat mengganggu visitor kita.

Warna Tampilan Terang
Hendaknya dalam memilih template blog kita perlu memperhatikan aspek warna. Warna gelap dan warna yang terlalu mencolok terasa kurang nyaman apabila dilihat. Bahkan bisa jadi akan merusak mata kita dan visitor. Oleh karena itu, silahkan pilih warna terang, misalnya seperti warna putih pada background dan halaman. Dan jangan lupa pilih warna tulisan hitam.

Biasanya template yang berwarna putih merupakan template SEO friendly, karena mempunyai loading yang cukup ringan apabila diakses. Selain mempunyai performa yang sederhana, tetapi juga mempunyai estetika tersendiri bagi visitor blog.

Perhatikan Loading Blog
Loading blog juga mempunyai peran penting bagi kemajuan suatu blog. Tentu blog yang mempunyai loading ringan dapat memberikan kenyamanan bagi visitor, karena mereka tidak perlu menunggu lama dalam membuka blog kita. Begitu juga sebaliknya apabila blog kita mempunyai loading yang berat, maka hal itu tidak disukai oleh visitor blog. Bahkan bisa jadi ketika mereka membuka blog kita belum sampai penuh, mereka akan menutup laman kita. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan loading blog. Silahkan desain blog anda sehingga mempunyai loading ringan.

Biasanya lama tidak nya loading blog dipengaruhi oleh template yang kita gunakan, dan juga widget yang kita pasang di laman blog kita. Silahkan pilih template yang mempunyai loading ringan, agar mudah dan cepat ketika diakses. Selain itu, silahkan gunakan widget yang penting-penting saja. Hindari pemasangan widget yang tidak penting.

Prioritaskan Konten dari pada Widget Tambahan atau Iklan
Kita hendaknya tidak terlalu terpaku dengan tampilan blog kita. Karena mungkin ketika kita berkunjung di blog orang lain, kita melihat sesuatu yang menarik dan kita ingin menirunya di blog kita. Misalnya seperti widget tambahan dan lain sebagainya. Sehingga kita hanya terpaku mendesain blog kita secara terus menerus. Selain itu, terkadang blog kita dimanfaatkan untuk mencari uang dengan memasang iklan pada blog kita, sehingga kita memasang iklan secara berlebihan, bahkan dimaksimalkan ruang iklannya dari pada konten blog.

Tentu dua hal tersebut juga mempunyai peran penting pada blog kita. Namun akan lebih penting lagi apabila kita menyajikan konten yang berkualitas dan unik. Karena pada prinsipnya para visitor yang berkunjung di blog kita adalah untuk mencari konten yang terdapat didalam blog kita, bukan widget tambahan atau iklan. Oleh karena itu, lebih baik kita memprioritaskan konten dari pada sibuk mengurus widget tambahan ataupun iklan.

Sajikan konten yang bermutu tinggi secara terus-menerus. Buat artikel yang kaya akan informasi, bukan hanya link-link download saja atau mungkin hanya berupa rentetan kata kunci saja. Buat artikel sebanyak-banyaknya dengan mengedepankan kejujuran ilmiah, dalam artian tulisan yang kita buat bukan hasil plagiasi (copy-paste).

Performa Sederhana Tapi Menawan
Sebaiknya kita desain tampilan blog kita sesederhana mungkin. Pilih warna putih pada laman. Atur tulisan sebaik mungkin. Tonjolkan konten anda daripada iklan. Kurangi widget yang tidak terlalu penting untuk dipasang di blog. Dengan begitu visitor akan betah untuk singgah di blog kita.

Lengkapi Widget Tambahan yang Mendukung
Kita perlu memasang widget tambahan di blog kita yang mendukung. Tujuannya adalah memperlengkap dan menambah referensi bagi visitor. Selain itu juga dapat berperan cukup penting untuk meningkatkan jumlah pageview blog. Apa saja widget-widget tersebut? adalah posting terkait, posting terbaru, posting terpopuler, dan masih banyak lagi.

Hindari Widget Yang Menggangu
Sebaiknya kita hindari pemasangan widget yang mengganggu kenyamanan visitor blog. Misalnya seperti widget pop up/melayang, burung terbang, animasi berkedip dan lain sebagainya yang mana eksistensinya sangat mengganggu kenyamanan visitor blog.

Atur Tata Letak/Layout Sebaik Mungkin
Silahkan anda atur layout blog anda secara teratur dan rapi. Dengan begitu visitor akan mudah menavigasi menu-menu yang ada di blog kita. Selain itu, bedakan antara konten/menu dengan iklan secara tegas, sehingga mereka dapat dengan mudah mengenali kedua jenis tersebut.

Demikian uraian singkat tentang cara mendesain blog dengan baik dan benar yang dapat saya sampaikan untuk anda, terutama untuk para pengelola blog. Semoga tips ini dapat memberikan pengetahuan dan wacana baru dalam mendesain blog, sehingga kedepan, blog masing-masing dari kita dapat lebih baik dari sebelumnya. Apabila ada kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatiannya.
Related Post

6 komentar:

Ahmad Gusti Lubis mengatakan...

cetarr membahana gan

Taqorrub Ubaidillah mengatakan...

hehehehe :D

Ahmad Gusti Lubis mengatakan...

semakin cetar aja gan

Taqorrub Ubaidillah mengatakan...

Hehehe thankz brow atas kunjunganya :D

Harun Ar mengatakan...

Sip banget..., bagus untuk dipedomani
Trims infonya

Taqorrub Ubaidillah mengatakan...

Ok pak harun :)
Terimakasih sdh berkenan berkunjung di blog ini hehehe

Poskan Komentar

 

Copyright © 2011 Cetar Blogspot | Design by Kenga Ads-template